Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33063
Title: Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning tournament terhadap hasil belajar ips siswa kelas V MI Darul Muqinin
Authors: Zuhriyyah
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Learning Tournament, Hasil belajar IPS
Issue Date: 1-Jan-2016
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning tournament terhadap hasil belajar ips siswa kelas v Madrasah Ibtidaiyah Darul Muqinin. Penelitian ini dilaksanakan di MI Darul Muqinin pada bulan Maret – Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian kelas A (kelas eksperimen) sejumlah 18 siswa dan kelas B (kelas kontrol) sejumlah 18 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pilihan ganda dan lembar observasi untuk mengamati kegiatan proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji normalitas yang menggunakan uji Liliefors dengan teknik Kolmogrov Smirnov, uji homogenitas dengan menggunakan dengan menggunakan One Way Anova. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan T-test. Setelah semua pengujian dilakukan dapat diperoleh thitung sebesar 7,423, sedangkan 2,032. Dengan kata lain thitung>ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning tournament terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V MI Darul Muqinin.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33063
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ZUHRIYYAH-FITK.pdf22.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.