Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33062
Title: Strategi Pemasaran Sekolah di SMPIP Baitul Maal Jurangmangu Kota Tangerang Selatan
Authors: Kusuma Wardani, Aditia Rini
Keywords: Strategi;Pemasaran
Issue Date: 1-Feb-2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan strategi pemasaran SMPIP Baitul Maal dan menemukan strategi yang tepat dalam marketing mix yang meliputi 7P (Product, Price, Promotion, Place, People, Process, and Physical Evidence) serta melakukan analisis SWOT di SMPIP Baitul Maal Jurangmangu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk observasi yang dilakukan pengamatan terkait kegiatan penerimaan siswa baru pada tahun ajaran baru. Pihak yang di wawancara adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, ketua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), 3 orangtuasiswa , tiga siswa diambil dari kelas 7 satu orang kelas 8 satu orang dan kelas 9 satu orang sebagai informan. Studi dokumentasi dilakukan dengan pengambilan gambar secara langsung dan meminta arsip atau berkas-berkas kepada staf TU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan SMPIP Baitul Maal telah melakukan strategi pemasaran dengan meningkatkan kualitas produknya. Dapat dilihat dari beberapa program yang telah berjalan seperti sekolah inklusi, life skill, moving class, Usbu’ Ruhyi, annual project, mentoring, homestay, home visit, dan problem solving. Program tersebut menjadi pembeda dengan sekolah kompetitor. Upaya penguatan pemasaran dikhususkan mencari calon siswa dari dalam yaitu dari SDIP Baitul Maal. Pihak SDIP Baitul Maal pun turut serta berkolaborasi untuk mempengaruhi siswanya agar nantinya melanjutkan sekolah di SMPIP Baitul Maal. Namun kurangnya ketersediaan SDM untuk terlibat dalam kegiatan promosi dan kehumasan sehingga kegiatan pemasaran terhambat. Dalam hal ini, sekolah perlu mempertahankan kualitas yang sudah tertanam serta melakukan perekrutan staff karena masih membutuhkan SDM dalam menjalankan pemasaran sekolah. Sehingga kegiatan promosi yang kreatif dapat dilakukan agar tetap memperoleh calon siswa baru dari luar dengan jumlah yang stabil dari tahun ke tahun. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Sekolah.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33062
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Aditia Rini Kusuma Wardani - 1110018200031 (watermark).pdf7.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.