Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33041
Title: Pengaruh Pemberian Stimulasi Perkembangan pada Aspek Sosialisasi dan Kemandirian terhadap Status Perkembangan Anak Prasekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Pisangan
Authors: Ikrima Wardani
Advisors: Kustati Budi Lestari
Maulina Handayani
Keywords: Anak Prasekolah;Keterlambatan Perkembangan Anak;Stimulasi Perkembangan
Issue Date: 1-Jun-2016
Publisher: FKIK UIN Jakarta
Abstract: Keterlambatan perkembangan anak pada aspek tertentu saat ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan bagi anak di Indonesia yang dapat mengurangi kualitas sumber daya manusia di masa mendatang. Melalui pendekatan family cantered-care orang tua anak dapat melakukan intervensi dini terhadap masalah keterlambatan perkembangan anak sebagai upaya pencegahan terhadap keterlambatan perkembangan anak lebih lanjut dengan pemberian stimulasi perkembangan terarah selama 2 minggu. Stimulasi adalah perangsangan dari luar lingkungan anak dimana dengan mengasah kemampuan anak secara terus-menerus kemampuan anak akan meningkat. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh stimulasi perkembangan anak pada aspek sosialisasi dan kemandirian terhadap status perkembangan anak di wilayah kerja puskesmas pisangan. Penelitian ini kuantitatif dengan desain Quasi eksperimental one group pre test – post test. Sample adalah anak berusia 5 tahun (60 bulan) dengan status perkembangan meragukan pada aspek sosialisasi dan kemandirian yang berjumlah 17 orang dengan teknik purpossive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan Kuesioner Praskrining Perkembangan Anak (KPSP). Penelitian dilakukan selama 2,5 bulan yaitu tanggal 28 Febuari – 3 Mei 2016. Uji statistik menggunakan uji wilcoxon terhadap status perkembangan anak sebelum dan sesudah intervensi yang didapatkan nilai significancy 0,000 (p-value < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang bermakna antara pemberian stimulasi terhadap peningkatan status perkembangan anak. Maka disarankan ibu memberikan stimulasi terutama pada aspek sosialisasi dan kemandirian kepada anak untuk mengoptimalkan perkembangan anak sesuai tahap perkembangannya.
Description: legkap
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33041
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ikrima Wardani-FKIK.pdf5.03 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.