Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32987
Title: Hubungan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Nagrak Sukabumi
Authors: Puji Pertiwi Ilahi
Advisors: Karyadi
Keywords: Kepuasan pasien;Kualitas pelayanan;BPJS;SERVQUAL
Issue Date: 1-Jun-2016
Publisher: FKIK UIN JAKARTA
Abstract: Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup layak dan produktif, untuk itu diperlukan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang terkendali biaya dan kualitasnya. Seperti yang tercantum dalam undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan ditegaskan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atau sumber daya di bidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau. Salah satu tujuan dari peningkatan mutu layanan kesehatanadalah kepuasan pasien. Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kesan terhadap kinerja atau hasil produk dan harapan-harapnnya.Ada dua komponen yang akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien, yaitu komponen harapan pasien dan komponen kinerja layanan kesehatan. Mengukur tingkat kepuasan pasien tidak mudah , karena upaya untuk memperoleh informasi yang diperlukan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien akan berhadapan dengan suatu kendala kultural, yaitu terdapatnya suatu kecenderungan masyarakat yang enggan atau tidak mau mengemukakan kritik, apalagi terhadap fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pasien pengguna BPJS dan non pengguna BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Nagrak Sukabumi. Ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional, dengan jumlah sampel 100 responden yang merupakan pasien pengguna BPJS dan non pengguna BPJS yang pernah berobat di Puskesmas Nagrak Sukabumi. Analisis data menggunakanuji chi-square. Uji bivariat menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat hubungan signifikan antara kepuasan pasien pengguna BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05), dari 5 dimensi menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien pengguna BPJS terhadap dimensi reliability (0,002), responsiveness (p=0,004), emphaty (p=0,003), assurance (p=0,014) dan tidak terdapat hubungan yang signifikan terhadap dimensi tangibles (p=0,220).
Description: Lengkap
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32987
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
PUJI PERTIWI ILAHI-FKIK3.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.