Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32964
Title: Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan Teratai Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati tahun 2016
Authors: Umi Kalsum
Advisors: Fajar Ariyanti
Keywords: Perilaku caring perawat;Kepuasan Pasien
Issue Date: 1-Jun- 2
Publisher: FKIK UIN Jakarta
Abstract: Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien. Hasil perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat RSUP Fatmawati tahun 2015 menunjukkan kepuasan masyarakat berada dibawah target rumah sakit dengan unsur paling rendah adalah sikap petugas. Dari semua instalasi yang ada, Anggrek adalah instalasi yang menduduki kepuasan pasien terendah selama tahun 2015. Rendahnya kepuasan masyarakat ini mengindikasikan kemungkinan adanya perilaku caring perawat yang buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruang perawatan teratai RSUP Fatmawati tahun 2016. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Tempat penelitian di ruang IRNA Teratai pada bulan Mei hingga Juni 2016. Sampel penelitan berupa pasien dewasa yang telah dirawat minimal 3 hari berjumlah 81 pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi perilaku caring perawat yang meliputi 5 dimensi (assurance of human presence, respectful deference, professional knowledge and skill, positive connectedness dan attentive to other’s experience) secara berhubungan signifikan berhubungan dengan kepuasan pasien. Diharapkan manajemen keperawatan RSUP Fatmawati berupaya meningkatkan perilaku caring perawat melalui pendekatan psikologis, individu maupun organisasi.
Description: lengkap
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32964
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
UMI KALSUM-FKIK3.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.