Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32901
Title: Teknik Pola Bilangan dan Hasil Belajar Operasi Pembagian Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV
Authors: Kadir dan Hastri Rosiyanti
Keywords: teknik pola bilangan;teknik konvensional;operasi pembagian;pembagian dengan satuan;pembagian dengan puluhan;pembagian bersisa
Issue Date: Sep-2011
Publisher: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional
Series/Report no.: JURNAL PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN;Vol. 17, No. 5
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari penggunaan teknik pola bilangan dan kemampuan siswa dalam operasi pembagian di sekolah dasar. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah di Ciputat dengan metode quasi eksperimen dengan melibatkan 60 sebagai sampel. Pemilhan sampel menggunakan cluster random sampling. Studi ini menemukan bahwa: 1) hasil belajar operasi pembagian siswa yang menggunakan teknik pola bilangan ini lebih tinggi dari mereka yang menggunakan teknik biasa dan 2) kemampuan siswa yang menggunakan teknik pola bilangan ini lebih baik daripada siswa yang menggunakan teknik biasa. Terbukti dalam penerapannya, siswa dapat mencantumkan bilangan yang dibagi, pembagi, hasil bagi lebih mudah dalam materi operasi pembagian.
metadata.dc.description.uri: http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/46
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32901
ISSN: 0215-2673
Appears in Collections:Artikel



Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.