Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32888
Title: Kepuasan Pemustaka Terhadap Implementasi Pelayanan prima (Excellent Service) Di Kantor Perpustakaan Dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Barat
Authors: Farhan Bukhori
Advisors: Nurul Hayati
Keywords: Kepuasan Pemustaka;Pelayanan Prima;Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Barat
Issue Date: 16-Aug-2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi (KPAK) Jakarta Barat dalam mengimplementasikan pelayanan prima dan kepuasan pemustaka terhadap pelayanan prima yang diberikan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan gabungan (kualitatif dan kuantitatif), di mana teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara dan kuesioner. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa indikator atau aspek yang harus dimiliki dan dipenuhi oleh KPAK Jakarta Barat dalam memberikan pelayanan prima. Indikator ini adalah kehandalan (reliability), komunikasi (communicaton), respon (responsiveness), memahami pemustaka (understanding your customer), akses (accessibility) dan petugas perpustakaan atau pustakawan (staffing). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu cara KPAK Jakarta Barat dalam mengimplementasikan pelayanan prima sudah baik seperti pada indikator kehandalan adalah mengunakan teknologi dalam peminjaman dan pengembalian. Pada indikator komunikasi dengan menjalin komunikasi yang baik antara pustakawan dengan pemustaka. Pada indikator memahami pemustaka dengan membuat kotak saran. Pada indikator pustakawan sebagian tenaga KPAK merupakan lulusan dan diklat kepustakawanan. Akan tetapi masih terdapat kekurangan pada indikator respon dan akses, yakni KPAK tidak merespon perubahan kebutuhan informasi pemustaka dari sebelumnya tercetak menjadi digital dan sarana yang rusak seperrti toilet, AC dan komputer. Berdasarkan tingkat kepuasan pemustaka terkait pelayanan prima yang diberikan KPAK Jakarta Barat sudah baik. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang membuat kepuasan pemustaka menurun, di antaranya adalah pemahaman pustakawan terhadap koleksi , fasilitas atau sarana prasarana yang terdapat di KPAK Jakarta Barat kurang memadai serta minimnya koleksi yang terdapat di KPAK Jakarta Barat yang tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemustaka.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32888
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
FARHAN BUKHORI-FAH.pdf7.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.