Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32758
Title: Profil Aktifitas Belajar Anak Jalanan Di MI Tarbiyatul Islamiyah Jakarta
Authors: Maisaro
Advisors: Arkam, Faridal
Keywords: Profil Aktifitas Belajar;Aktifitas Anak jalanan
Issue Date: 9-Feb-2015
Publisher: FITK Syarif Hidayatullah Jakarta
Citation: Skripsi
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil aktifitas belajar anak jalanan di yayasan tempat mereka bersekolah yang meliputi minat anak jalanan menurut pandangan guru dan karakteristik anak jalanan di sekolah tempat mereka belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah beralamat Jl. RM. Kahfi Rt. 001/06 Kp. Kandang Kel. Jagakarsa kecamatan jagakarsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dalam bentuk studi kasus, yakni mendeskripsikan tentang fenomena-fenomena yang ada. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik langsung yaitu angket dan wawancara pada anak jalanan dan teknik tidak langsung ditujukan oleh guru-guru (orangtua murid) yang mengetahui keadaan anak jalanan. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara dengan Kepala Sekolah Yayasan Tarbiyatul Islamiyah, menyebar angket ke 11 guru/tutor yang aktif membina anak jalanan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Identitas dari Lembaga Yayasan Tarbiyatul Islamiyah Jakarta sesuai dengan lingkungan tempat tinggal anak jalanan, dimana lingkungan yayasan tersebut tidak jauh dari lingkungan anakanak jalanan, anak kurang mampu dan anak yatim. Kedua, minat anak jalanan di MI Tarbiyatul Islamiyah menurut pandangan guru ialah perhatian terhadap pelajaran di bidang musik, ketrampilan, matematika, sains dan bahasa. Paling tertinggi dibidang bahasa dengan nilai rata-rata 6,2 sedangkan terendah di bidang matematika dengan nilai rata-rata 5.4.Ketiga, karakteristik anak jalanan di MI Tarbiyatul Islamiyah didapatkan melalui pertanyaan-pertanyaan penelitian untuk anak jalanan meliputi presepsi terhadap diri sendiri (siswa), presepsi siswa terhadap lingkungan, hubungan siswa sesama teman, harapan masa depan mereka, pemahaman siswa terhadap agama dan cita-cita setelah dewasa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32758
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MAISARO (108018300042) Watermark.pdf32.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.