Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32729
Title: Upaya Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih di Madrasah Aliyah Manaratul Islam
Authors: Sukreni, Eva
Advisors: rusydi jamil
Keywords: Upaya Guru;Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa;Bidang Studi Fiqih
Issue Date: 26-Feb-2015
Publisher: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Berdasarkan masalah mengenai kurangnya pemahaman siswa tentang hukum syariat islam, maka mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penulis melakukan penelitian di MA Manaratul Islam Cilandak, Jakarta Selatan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini penulis melakukan pengamatan dan wawancara kepada guru fiqih dalam Proses belajar mengajar di dalam kelas pada waktu jam belajar maupun pada waktu setelah jam belajar, yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan pembelajaran, Kegiatan belajar mengajar, evaluasi / penilaian dan kegiatan tindak lanjut dari hasil evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan banyak upaya yang telah dilakukan oleh guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang Upaya yang dilakukan oleh guru di MA Manaratul Islam pada proses belajar mengajar di kelas menggunakan pendekatan kitab kuning yaitu fathul qarib dimana kitab kuning digunakan dalam diskusi dan menggunakan sumber belajar yang lain seperti buku pegangan guru yaitu fiqih dari Departemen Agama dan Internet, dan upaya pada kegiatan kegiatan tindak lanjut yang dilakukan oleh guru tersebut dari hasil evaluasi yang dilakukan adalah bimbingan belajar. Dua upaya guru inilah yang berbeda dengan upaya guru pada umumnya di sekolah lain. Adapun upaya yang dilakukan yang hampir sama dengan guru lain adalah membuat silabus dan rpp dari tahapan perencanaan, dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif dengan cara pemberian sanksi, dapat menghilangkan kejenuhan siswa dengan cara menyelingkan pelajaran dengan kisah sahabat maupun menyanyi religi, pemberian motivasi terhadap siswa sebelum memulai pelajaran, pemberian contoh atau teladan terhadap siswanya , dari tahapan evaluasi membuat soal uraian, essay dan hafalan dan dari tahapan tindak lanjut guru pun memberikan remedial.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32729
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
EVA SUKRENI (1110011000100) WATERMAK.pdf12.31 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.