Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32708
Title: Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V Min 15 Bintaro Jakarta Selatan
Authors: Jovita Damayanti
Advisors: Makyun Subuki
Keywords: Pemanfaatan Lingkungan, Media Pembelajaran, Keterampilan Menulis Puisi
Issue Date: Dec-2015
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KeguruanUIN Syarif Hidayatullah, 2015
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran terhadap keterampilan menulis puisi kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 15 Bintaro Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yang pertama berjumlah 36 siswa untuk kelas eksperimen dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran. Sampel yang kedua berjumlah 36 siswa untuk kelas kontrol tidak menggunakan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran. Analisis data proses kedua kelompok menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 22 for Windows diperoleh hasil sig (2-teiled) atau probabilitas sebesar 0,015 sedangkan taraf signifikansinya sebesar 0,05 (5%). Hal ini menunjukkan nilai probabilitas lebih kecil dari taraf signifikansi (0,015<0,05). Berdasarkan kriteria pengujian yang telah ditetapkan, yaitu: jika probabilitas < 0,05, maka ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran terhadap keterampilan menulis puisi siswa.
Description: x, 98 hlm.; 30 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32708
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
JOVITA DAMAYANTI-FITK.pdf21.05 MBAdobe PDFView/Open
JOVITA DAMAYANTI-FITK.pdf21.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.