Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32704
Title: Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Dengan Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Assa’adiyah Attahiriyah VII Tahun Ajaran 2015/2016
Authors: Siti Herawati
Advisors: Nafia Wafiqni
Keywords: Media Gambar, Keterampilan Membaca Nyaring, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Issue Date: Jul-2016
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca dengan menggunakan media gambar, sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas II yang terdiri dari 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, media gambar, dan catatan lapangan. Hipotesis tindakannya adalah penggunaan media gambar diharapkan dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II. Indikator keberhasilan yang dicapai KKM > 70. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penggunaan media gambar sangat efektif terhadap peningkatan keterampilan membaca. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang didapat, pada siklus I nilai rata-rata kelas diperoleh siswa dari 65,16 menjadi 72,25 pada siklus II. Siswa yang tuntas belajar dari 11 (sebelas) siswa pada siklus I menjadi 18 (delapan belas) siswa pada siklus II. Ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan membaca dengan media gambar hasilnya sangat baik dan meningkat. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat diterapkan di sekolah karena dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32704
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi siti herawati watermark.pdf6.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.