Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32690
Title: Pengaruh Penggunaan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII Pada Konsep Kegiatan Pokok Ekonomi Di SMP Islam Terpadu Rahmaniyah Cilodong (Quasi Eksperimen)
Authors: Muamar Roja’I
Advisors: Iwan Purwanto
Keywords: Media, flip chart, hasil belajar
Issue Date: 11-Jul-2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan pembelajaran menggunakan media flip chart terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa pada konsep kegiatan pokok ekonomi. Penelitian ini dilakukan di kelas VII ibnu sina SMPIT Rahmaniyah Cilodong. Penelitian ini berlangsung pada bulan april-mei 2016. Metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan desain pretest posttest group design dan teknik pengambilan sampel purpossive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa pilihan ganda. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media flip chart terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa pada konsep kegiatan pokok ekonomi. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t terhadap data pretest dan posttest. Hasilnya adalah nilai thitung sebesar 11,10 dan nilai ttabel sebesar 2,04. Terlihat bahwa thitung>ttabel, sehingga H0 ditolak. Selain itu, rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media flip chart lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum menggunakan media flip chart. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan penggunaan media flip chart berpengaruh terhadap hasil belajar IPS Terpadu pada konsep kegiatan pokok ekonomi.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32690
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MUAMAR ROJA'I 109015000075 (Watermark).pdf12.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.