Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32676
Title: Sikap Bahasa Mahasiswa Non-Pendidikan Bahasa Inggris Terhadap Bahasa Inggris (Sebuah Penelitian Survey Deskriptif)
Authors: Alek
Keywords: sikap bahasa;bahasa Inggris;bahasa Internasional;sikap positif;sikap negatif
Issue Date: 12-Jun-2014
Publisher: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Linguistik Terapan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta bekerja sama dengan Paedea
Abstract: Sikap memiliki peran penting dalam menekuni dan mempelajari suatu bidang atau disiplin ilmu tertentu, termasuk dalamnya belajar bahasa Inggris. Bahasa Inggris sebagai sebuah bahasa internasional pertama yang diajarkan dan dipelajari di perguruan tinggi di Indonesia. Peningkatan kompetensi dan keterampilan bahasa Inggris mahasiswa tidak dapat diraih dan dicapai tanpa memerhatikan beberapa faktor pendukungnya. Penilitian ini bertujuan mendeskripsikan secara mendalam tentang (1) sikap bahasa mahasiswa non-pendidikan bahasa Inggris terhadap bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional, (2) sikap bahasa mahasiswa non-pendidikan bahasa Inggris terhadap bahasa Inggris sebagai matakuliah. Data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket (kuesioner) kepada mahasiswa sebagai sampel dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi non-pendidikan bahasa Inggris semester VII Fakultas Tarbiyah, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun pelajaran 2012/2013. Total sampel penelitian ini sebanyak 100. Jumlah kuesioner adalah sebanyak 30 item. Kriteria penilaian sikap menggunakan skala likert dengan pola rentangan yaitu dari mulai sangat setuju, setuju, tiddak setuju, sampai sangat tidak setuju. . Sikap mahasiswa non-pendidikan bahasa Inggris terhadap bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional adalah kategori ‘rendah’ atau sebesar 32%. Sedangkan untuk sikap bahasa mahasiswa non-pendidikan bahasa Inggris terhadap bahasa Inggris sebagai mata kuliah sama sama berada pada sikap positif yang sangat rendah atau sebesar 29% atau lebih rendah dari sikapnya terhadap bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Jika dilihat dari level sikap mahasiswa non-pendidikan bahasa Inggris terhadap baik sikap terhadap bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional maupun sikap sebagai mata kuliah sama sama berkategori sikap positif rendah atau tinggi sikap negatif. Dalam perkataan lain, bahwa mahasiswa non-pendidikan bahasa Inggris pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan memiliki sikap bahasa yang berkategori negatif tinggi dan bersikap positif rendah.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32676
ISBN: 978-602-70547-0-7
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Alek- sikap bahasa.pdf4.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.