Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32622
Title: Improving Students' Reading Comprehension of Report Text through SQ3R Technique (A Classroom Action Research at the Eleventh Grade Students of SMAN 1 Parung))
Authors: Akira Puteri
Advisors: Nasifuddin Djali
Keywords: Reading Comprehension;SQ3R Technique
Issue Date: 26-Oct-2016
Abstract: AKIRA PUTERI (1112014000006), Improving Students’ Reading Comprehension of Report Text through SQ3R Technique (A Classroom Action Research at the Eleventh Grade Students of SMAN 1 Parung in 2016/2017 Academic Year), Skripsi, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2016. Kata Kunci : Teknik SQ3R, Pemahaman Membaca Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bukti empiris mengenai peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan teknik SQ3R. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 SMAN 1 Parung. Penelitian Tindakan Kelas berdasarkan pada desain Kurt Lewin digunakan untuk mengatasi masalah siswa dalam memahami teks. Penelitian tindakan kelas berdasarkan desain Kurt Lewin terdiri dari empat fase; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Selanjutnya, terdapat dua jenis data dalam penelitian ini; data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari observasi dan wawancara. Sedangkan data kuantitatif didapatkan dari pre-test dan post-test. Hasil observasi menunjukan bahwa siswa terlihat menjadi lebih aktif dan lebih termotivasi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang melibatkan diri mereka selama proses pembelajaran secara aktif. Mereka juga dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Selain itu, hasil dari wawancara menunjukan bahwa kemampuan membaca siswa telah meningkat. Teknik ini membuat mereka lebih mudah memahami teks. Selanjutnya, hasil dari teks menunjukan bahwa pada pre-test hanya terdapat 3 siswa atau 8,3% siswa bisa melampaui KKM dengan nilai rata-rata 60. Kemudian, pada post-test 1 terdapat 13 siswa atau 36,1% siswa bisa melampaui KKM dengan nilai rata-rata 74,7. Selanjutnya, pada post-test 2 terdapat 30 siswa bisa melampaui KKM dengan nilai rata-rata 83,6. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan dimana 83,3% siswa mendapatkan nilai lebih dari tujuh puluh enam (76). Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik SQ3R.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32622
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Akira Puteri -FITK14.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.