Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32620
Title: Perbedaan Pencapaian Hasil Belajar Geografi Siswa Antara Metode Discovery Learning dan Metode Merry Goaround di SMAN 7Tangsel
Authors: Nurkamilah
Advisors: Teuku Ramli Zakaria
Keywords: Perbedaan Metode Discovery Learning dan Metode Merry go around
Issue Date: 26-Oct-2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Discovery Learning dan siswa yang diajarkan dengan Metode Go A Round pada mata pelajaran Geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain pretest posttest control group design,di mana terdapat dua sampel penelitian yaitu kelompok Discovery Learning (eksperimen) dan kelompok Go A Round (kontrol). Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Tangerang Selatan, yang berlangsung kurang lebih selama dua bulan mulai dari bulan januari dan febuary tahun 2015. Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertman ditambah pretest dan posttest. Pada kelompok Discovery Learning terdiri dai 40 orang siswa. dan kelompok Go A Round sebanyak 40 orang siswa. Pengambilan data menggunakan instrument tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menggunakan bahwa ada perbedaan. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikan 0.05 didapat hasil t-hitung > t-tabel yaitu : 2.11 > 1.99. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar geografi antara siswa yang di ajarkan dengan metode discovery learning dan metode merry goaround siswa SMAN 7 Tangerang Selatan dapat dilihat bahwa kemampuan belajar geografi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif dengan metode discovery learning dan metode merry go a round lebih tinggi dibandingkan pembelajaran dengan kooperatif biasa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32620
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
Nurkamilah - FITK5.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.