Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32591
Title: Pengajaran Bahasa Inggris Di Sd/Mi: Why Not?
Authors: Alek
Keywords: Pengajaran Bahasa Inggris
Issue Date: 1-May-2015
Publisher: PGMI
Abstract: Bahasa Inggris sebagai bahasa ilmu pengetahuan juga sebagai alat berkomunikasi antarnegara (linguafranca). Banyak di antara pakar pendidikan bahasa berpendapat bahwa pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dimulai pada usia dini sebelum anak mencapai masa usia 12—13 tahun, akan memberikan hasil yang lebih baik, meskipun sampai sekarang belum ada bukti empiris yang memperkuat pendapat tersebut (Nunan, 1999). Tingkat kemahiran berbahasa seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia tapi juga faktor-faktor lainnya, seperti tipe program dan kurikulum, lamanya pembelajaran, teknik, dan aktivitas yang digunakan (Rixon, 2000). Bahasa Inggris merupakan satu di antara bahasa asing yang memiliki peran sentral di dunia internasional terutama di era global dan teknologi dewasa ini. Dengan memiliki kompetensi dan keterampilan menggunakan bahasa Inggris, sesorang akan lebih memiliki peluang untuk mengakses dunia informasi dan teknologi. Melalui pengenalan dan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar dan sederajat, maka siswa akan mengenal dan mengetahui bahasa Inggris lebih awal walaupun dalam konteks yang serba terbatas, tentunya sesuai dengan tingkat dan level serta kematangan dirinya. Di samping itu, siswa juga akan memiliki pengetahuan awal (schemata) sebagai bekal untuk meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dalam konteks pengajaran bahasa Inggris, seorang pengajar atau guru memerlukan pengetahuan dan pemahaman yang baik dan benar mengenai metode dan pendekatan yang sesuai dengan kondisi siswa atau pembelajar muda agar tujuan dan pengajaran bahasa Inggris tercapai. Manfaat lain melalui pengenalan dan pengajaran bahasa Inggrsi bagi pembelajar pemula adalah siswa lebih memiliki kesiapan diri secara sikologis yang lebih baik daripada siswa yang belum belajar bahasa Inggris di tingkat SD-nya. Hal yang sangat baik diperoleh melalui pemahaman bahasa Inggris bagi siswa SD/MI adalah mereka diajar untuk belajar terbuka, realistis, dan objektif, maksudnya siswa diperkenalkan tentang kondisi kekinian yang sungguh berbeda dengan era-era sebelumnya, yang mana di era global dan teknologi saat ini orang berlomba-lomba mengejar ilmu dan pengetahuan, bahasa Inggris di antaranya sebagai modal menghadapi kondisi riil dan kemajuan ilmu pengetahuan dewasa ini.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32591
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dr. Alek' Makalah SEMNAS ok.pdf232.47 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.