Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32406
Title: Implementasi Iso 9001 : 2008 Pada Asosiasi Muslim Penyelengara Haji Dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI)
Authors: Nurul Fathia
Advisors: Lili Bariadi
Keywords: ISO 9001 : 2008;Pelayanan;Kepuasan Anggota
Issue Date: 1-Sep-2016
Abstract: ABSTRAK Nurul Fathia, 1112053100005, Implementasi ISO 9001 : 2008 pada Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Pada era globaliasi saat ini permintaan pelanggan semakin beragam, persaingan dunia industri semakin ketat, sehingga memacu pelaku industri untuk selalu memperbaiki mutu produk dan layanannya agar tercapainya kepuasan pelanggan. Perusahaan atau organisasi yang berfokus pada peningkatan mutu untuk kepuasan pelanggan terus membangun dan memperbaiki sistem manajemen mutu yang di jalankannya. ISO biasanya digunakan oleh lembaga-lembaga yang berorientasi profit. Namun AMPHURI sebagai organisasi nirlaba, mendapatkan sertifikat ISO demi meningkatkan kinerja serta meningkatkan efisiensi kegiatan-kegiatannya. AMPHURI yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa, dituntut untuk selalu menjaga kepecayaan anggotanya sebagai upaya untuk dapat memenuhi kebutuhannya, serta dapat meningkatkan kepuasan atas pelayanan yang diberikan. AMPHURI juga di tuntut untuk aktif memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap para anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, peran, dan manfaat ISO dalam meningkatkan manajemen mutu pada AMPHURI. Dalam penelitian ini penulis menganalisis data dengan menggunakan tekhnik analisa deskriptis kualitatif yaitu melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Diketahui subjek yang utama adalah orang yang dapat memberikan informasi serta data-data yang penulis butuhkan dalam memenuhi penyusunan skripsi ini. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa implementasi ISO 9001 : 2008 pada AMPHURI berjalan dengan baik, sistematis sesuai dengan konsep ISO mulai dari plan, do, check, dan act. Kepuasan akan pelayanan kepada anggota juga cukup baik, hal ini bisa dilihat dari kuisioner anggota dan Key Perfomance Indicator staff-staff AMPHURI. Jadi, dapat disimpulkan dengan adanya sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008 membuat manajemen AMPHURI semakin baik.
Description: iv, 89 hal,; 29,5 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32406
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURUL FATHIA.PDF6.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.