Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32271
Title: Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Wirausaha Ib Hasanah Pada Bank Bni Syariah Kc Jakarta Barat
Authors: Achmad Rifqi
Advisors: Lili Bariadi
Keywords: Strategi Pemasaran;Pembiayaan Wirausaha iB Hasanah
Issue Date: 1-Sep-2016
Abstract: ABSTRAK ACHMAD RIFQI, 1112053000052, Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Wirausaha iB Hasanan pada Bank BNI Syariah KC Jakarta Barat. Di bawah Bimbingan Lili Bariadi, MM., M.Si Menurut data dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, pada tahun 2013 jumlah usaha yang tergolong Usaha Mikro adalah sebesar 57.189.393 atau sebanyak 98,77% pangsa pasar yang dikuasai. Usaha Menengah sebesar 654.222 atau sebanyak 1,13% dan Usaha Besar sebesar 52.106 atau sebanyak 0,09 pangsa pasar yang dikuasai. Potensi pasar yang begitu besar akan menjadi sia-sia apabila tidak direspon dengan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Strategi pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan usaha perbankan syariah. Salah dalam merumuskan strategi pemasaran maka akan berdampak bank syariah tidak diminati oleh nasabah, begitu juga sebaliknya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan Wirausaha iB Hasanah? bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran produk pembiayaan Wirausaha iB Hasanah? bagaimana mekanisme produk pembiayaan Wirausaha iB Hasanah? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran, penerapan strategi bauran pemasaran serta mekanisme Produk Pembiayaan Wirausaha iB Hasanah pada Bank BNI Syariah KC Jakarta Barat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu penulis mengumpulkan informasi-informasi menjadi satu kesatuan dengan cara mengumpulkan data, menyusun, mengklasifikasikan dan menganalisa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan melakukan wawancara dan observasi. Penulis juga melakukan penelitian kepustakaan dengan memperoleh data ilmiah dan akurat bersumber pada buku-buku, dokumen dan rujukan lain berdasarkan pokok pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, strategi yang dilakukan oleh Bank BNI Syariah adalah dengan menggunakan strategi segmenting yaitu berdasarkan usia dan jenis usaha. Selanjutnya adalah menentukan target sasaran (targeting) yaitu usaha yang sudah beroperasi selama dua tahun dan segala jenis usaha yang sudah memiliki legalitas usaha lengkap dan masih berlaku. Setelah bank memutuskan segmen pasar mana yang dimasuki, serta memilih target pasar, langkah selanjutnya adalah bank memutuskan bagaimana mendiferensiasikan penawaran pasarnya, lalu menetapkan posisinya.
Description: ix, 72 hal,; 29,5 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32271
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ACHMAD RIFQI.PDF3.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.