Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32234
Title: Analisis Wacana Kritis “Dai Komersial” Dalam Buku Setan Berkalung Surban Karya Prof. Dr. Kh. Ali Mustafa Yaqub, Ma
Authors: Yogi Sulaeman
Advisors: Ilyas Ismail
Keywords: Buku;Dai Komersial;Konteks Sosial;Kognisi Sosial;Analisis Wacana
Issue Date: 1-Sep-2016
Abstract: ABSTRAK Nama : Yogi Sulaeman Nim : 1111051000004 “Analisis Wacana Kritis “Dai Komersial” dalam Buku Setan Berkalung Surban Karya Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA” Berdakwah melalui tulisan merupakan media dakwah yang cukup efektif dalam menyampaikan pesan–pesan dakwah di zaman sekarang, karena media ini memiliki usia dalam jangka panjang dan pengaruh dalam jangkauan luas. Salah satu media tulisan yang dapat digunakan sebagai dakwah ialah buku, seperti buku Setan Berkalung Surban dalam penelitian ini. Di sisi lain, masyarakat modern sekarang ini sedang euforia dengan buku yang berisi hiburan, dan mulai melupakan buku yang berisi keislaman. Jelasnya, bagaimana dakwah itu dikemas dengan sebaik mungkin. Karena dakwah yang efektif, ialah yang dapat menarik hati objek dakwahnya, dalam hal ini ialah pembacanya. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana struktur teks yang diwacanakan oleh Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA dalam buku Setan Berkalung Surban? Bagaimana kognisi sosial dan konteks sosial yang ada dalam buku Setan Berkalung Surban? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk dengan pendekatan kualitatif. Menurutnya penelitian wacana tidak hanya terbatas pada teks semata, tetapi juga bagaimana suatu teks diproduksi dan dipahami oleh si pembuat teks. Dan bagaimana kognisi sosial dan konteks sosial yang ada. Penelitian ini fokus pada tulisan tentang dai komersial. Tulisan ini memiliki 3 pesan utama, pertama menghimbau dai agar memiliki perilaku yang sesuai dengan ucapan mereka. Kedua, mengkrtitik dan memperingati dai yang yang mengejar popularitas dalam dakwah. Ketiga, menjelaskan keharaman dai komersial. Tulisan ini disampaikan dengan alur singkat dan padat dengan 3-5 halaman. Tulisan ini memiliki latar, detail, maksud, dan praanggapan yang jelas. Bahasa dan pilihan kata yang digunakan cukup ringan dan kaya akan unsur retoris. Secara kognisi sosial, tulisan ini berisikan representasi pemikiran beliau terhadap fenomena dai komersial yang dilandaskan pada pengetahuan Islamnya yang mendalam dengan disiplin ilmu lainnya. Kemudian strategi beliau dalam menulis buku ini adalah menggunakan bahasa yang ringan dan pengantar berupa kisah nyata atau hasil dari perkumupulan bersama para Ulama. Secara konteks sosial, dapat diketahui bahwa alasan beliau dalam menulis buku ini adalah untuk mengkritik perilaku para dai komersial, dan memberi solusi dari fenomena itu, dengan cara pertama, masyarakat untuk tidak mengundang mereka lagi dan kedua, pemerintah agar memberdayakan peran imam masjid di Indonesia. Layaknya matahari dengan bumi, begitulah perumpamaan arti penting pengetahuan Islam bagi umat Islam. Fungsi buku ini dalam menyampaikan pesan dakwah sangat bermanfaat bagi masyarakat. Mereka harus mendongkrak kembali semangat baca mereka terhadap buku bertema Islam, agar mendapat bekal pengetahuan Islam yang cukup sehingga selamat dunia dan akhirat.
Description: viii, 113 hal,; 29,5 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32234
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
YOGI SULAEMAN-FDK.pdf2.05 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.