Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32091
Title: fa'aaliyatu istikhdaami Ma'mali Al-Lughati Fii Mahaarati Al-Istimaai Fii As-Shofi Al-Awwali Fii Al-Madrosati Ats-Tsaanawiyati Al-Hukuumiyati 2 Lebak
Authors: Ahmad Zaki
Keywords: laboratorium bahasa
Issue Date: 3-Aug-2016
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2016
Series/Report no.: 10901200002;
Abstract: Ahmad Zaki 109012000002 Judul penelitian ini yaitu efektivitas penggunaan laboratorium bahasa dalam kemampuan mendengar kelas satu MAN 2 Lebak. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kemahiran mendengar dengan menggunakan laboratorium Bahasa di sekolah ini. Dan untuk mengetahui hasil pembelajaran bahasa arab dalam kemampuan mendengar dengan menggunakan laboratorium bahasa dan tanpa menggunakan laboratorium bahasa. Peneliti menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu 187 siswa di kelas satu disekolah ini. Dan sempelnya yaitu 20 % dari siswa kelas satu yang jumlahnya 38 orang. pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, observasi dan tes kebahasaan. Peneliti telah melakukan proses pengolahan data dengan menggunakan analisis deskriftif untuk mengetahui efetivitas penggunaan laboratorium bahasa dalam kemampuan mendengar di kelas satu MAN 2 Lebak. Dan peneliti menggunakan analisis data dengan rumus “T” Tes untuk mengetahui efektivitas penggunaan laboratorium bahasa dalam pembelajaran bahasa arab di sekolah ini Hasil penelitian ini yaitu bahhwa proses pembelajaran istima’ dengan menggunakan laboratorium bahasa di kelas satu pada sekolah ini sangat efektif, karena siswa sangat tertarik belajar bahasa arab dengan menggunakan laboratorium bahasa dan juga dengan adanya nilai yang menunjukan keefektivitasan penggunaan laboratorium bahasa. Dengan nilai = 0,183 dan nilai tt = 0,780 sesuai dengan rumus t-test, apabila lebih kecil dari tt maka hipotesis awal diterima dan sebaliknya hipotesis alternatif ditolak. Kondisi yang menjadikan efektifnya penggunaan laboratorium bahasa adalah sebagai berikut : materi harus terekam dengan jelas, rekaman kalimat-kalimat terekam dengan sempurna, guru harus memperhatikan perkembangan siswa dari aspek kecepatan mendengar dan kesulitan-kesulitan mereka dalam pembelajaran bahasa arab. Dan juga proses pembelajaran istima’ dengan menggunakan laboratorium bahasa menjadikan siswa merasa senang, rajin dan meningkatkan nilai siswa. Saran-saran yang peneliti sampaikan yaitu agara guru memperbaiki lagi pembelajaran istima’ dengan menggunakan laboratorium bahasa disekolah ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Agar juga guru menyiapkan materi dan media pembelajaran sebelum masuk kelas pada pembelajaran istima’ yang menggunakan laboratorium bahasa khususnya .
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32091
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AHMAD ZAKI -FITK 13.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.