Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32004
Title: Komunikasi Antarpribadi Pengajar Dan Murid Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Lembaga Pendidikan Bahasa Lafazh Center Serpong Tangerang Efektivitas Program Tayangan Reality Show “Mewujudkan Mimpi Indonesia” Dan Tayangan Kuis Dalam Pembentukan Citra Wiranto – Harry Tanoesoedibjo (WIN-HT)
Authors: Aditya Herdiyansah Nahrudin
Advisors: Nurul Hidayati
Keywords: Citra;Efektivitas;Reality Show;Kuis.
Issue Date: 25-Jul-2016
Abstract: ABSTRAK Aditya Herdiyansah Nahrudin, 1110051000033, “Efektivitas Program Tayangan realityshow “Mewujudkan Mimpi Indonesia” dan Tayangan Kuis dalam Pembentukan Citra WIN HT”,dibawah bimbingan Nurul Hidayati, S.Ag., M. Pd Menjelang berlangsungnya Pemilu pada tahun 2014, aroma panas persaingan masing-masing peserta pemilu makin mencuat ke permukaan. Masing-masing peserta pemilu yaitu para Calon Legislatif (Caleg) dan tak terkecuali para bakal calon Presiden dan Wakil Presiden berkampanye meraih dukungan dan simpati publik dengan menyebarkan citra positif ke khalayak. Melalui media massa adalah salah satu cara yang banyak dipilih, yaitu dengan membuat iklan politik sampai membuat program tayangan televisi berjenis realityshow “Mewujudkan Mimpi Indonesia” dan kedua tayangan kuis (Kuis Kebangsaan di RCTI dan Kuis Indonesia Cerdas di Global TV) seperti yang dilakukan oleh Wiranto dan Harry Tanoesoedibjo. Namun efektifkah kedua jenis program tayangan ini membentuk citra yang dinginkan sampai kepada benak khalayak. Untuk mengukur efektivitas dari kedua jenis tayangan tersebut adalah menggunakan pendekatan efektivitas Goal-Atainment. Efektivitas dari ke dua jenis program tayangan ini dapat dilihat ketika tujuan dari kedua jenis program tayangan ini membentuk citra positif dari WIN HT di benak mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) tahun masuk 2011/2012 dan 2012/2013 yang tidak lain adalah subjek dan sampel dari penelitian ini. Bagaimana efektivitas dari program tayangan Reality show “Mewujudkan Mimpi Indonesia” dan kedua tayangan kuis (Kuis Kebangsaan di RCTI dan Kuis Indonesia Cerdas di Global TV) dalam membentuk citra WIN HT pada mahasiswa Mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) tahun masuk 2011/2012 dan 2012/2013 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta? Penelitian ini menggunakan metodologi dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk kuesioner. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik kuantitatif deskripstif dengan melihat frekuensi jawaban dari seluruh responden atas masingmasing pernyataan kuesioner. Untuk mendapatkan kesimpulan mengenai persepsi, maka dilakukan pengkategorian dengan cara menjumlah skor dari 32 pernyataan yang disebar ke 78 orang responden, kemudian dikelompokkan. Penelitian ini didahului dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian yang dihasilkan bahwa kedua tayangan kuis (Kuis Kebangsaan dan Kuis Indonesia Cerdas) dan tayangan program Reality show Mewujudkan Mimpi Indonesia sama-sama mencapai efektifitas yaitu dengan menghasilkan citra positif dari WIN HT di benak khalayak. Persentase positif dari kedua jenis program tayangan tersebut yaitu Program Kuis menghasilkan 64,1% responden yang menilai positif sedangkan 48,7% dari Reality Show. Dari perbedaan persentase positif dari kedua tayangan diatas maka diketahui bahwa tayangan kuis lebih efektif membentuk citra positif WIN-HT di benak mahasiswa KPI tahun masuk 2011/2012 dan 2012/2013 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Description: vi, 87 hal,; 29,5 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32004
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ADITYA HN-FDK.pdf4.13 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.