Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31949
Title: Fa'aaliyah ta'limil qiroo'ah al-jahriyah bistikhdaam thoriiqotul munaaqosyah bimadrosah daarul hikmah al-mutawasithoh al-islamiyah pamulang
Authors: Nur Ilmiah
Advisors: Syamsyul Arifin
Keywords: Fa'aaliyah;Qiroo'ah
Issue Date: 20-Jul-2016
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2016
Abstract: ABSTRAK Nur Ilmiah 1111012000040 judul dari penelitian ini yaitu Efektifitas pembelajaran qiro’ah jahriyah dengan menggunakan metode diskusi di sekolah MTs Daarul Hikmah Pamulang. Peneliti memilih judul ini karena disebabkan oleh adanya permasalahan dalam pembelajaran qiro’ah, dari segi lemahnya kemampuan siswa membaca teks-teks bahasa arab, hal ini disebabkan kurangnya latihan membaca teks-teks bahasa arab, dan juga lemah dalam memahami teks-teks bahasa arab karena kurangnya penguasaan terhadap mufrodat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan sejauh mana kemampuan qiro’ah siswa dan sejauh mana efektifitas pembelajaran qiro’ah menggunakan metode diskusi di sekolah tersebut. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan eksperimen. Dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan pengamatan langsung, untuk melihat proses pembelajaran dalam pembelajaran qiro’ah jahriyah kelas 8 di sekolah dengan menggunakan metode diskusi, dan wawancara langsung dengan guru bahasa arab disekolah tersebut untuk mengetahui latarbelakang pembelajaran qiro’ah jahriyah, dan menggunakan Tes yang berkaitan dengan judul materi untuk mengetahui kemampuan qiro’ah jahriyah siswa dengan menggunakan metode diskusi, dan dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus T-test. Setelah melakukan tes untuk siswa, peneliti mengetahui kemampuan siswa kelas 8 di kelas eksperimen dengan menggunakan metode diskusi diterima, hasil rata-rata dari pretest yaitu 72 dan hasil rata-rata dari postest yaitu 85. Dan hasil kemampuan siswa dikelas ini lebih besar dari hasil kemampuan siswa dikelas kontrol. Adapun jenis evaluasi untuk mengukur kemampuan siswa dalam qiro’ah yaitu: menjawab pertanyaan terkait qiro’ah, terjemah kata atau kalimat, dan membuat kalimat. Latihan tersebut cukup membantu siswa dalam pembelajaran qiro’ah. Dan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas metode diskusi dalam pembelajaran qiro’ah jahriyah peneliti melakukan analisis dengan rumus T-tes, setelah mendapatkan hasil dari perhitungan tersebut, hasil To yaitu 3,00. Sebagaimana hasil perhitungan sebelumnya bahwa hasi TO lebih besar dari hasil T-tes pada tingkat 5% ( 1,67 ) ataupun pada tingkat 1% ( 2,40 ). Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran qiro’ah jahriyah menggunakan metode diskusi Amat Baik, dan terdapat pengaruh efektifitas.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31949
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NUR ILMIAH-FITK.pdf8.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.