Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31940
Title: Kontribusi Motivasi Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an. Studi Kasus: SDN Petukangan Utara 05 Pagi Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan
Authors: Muhammad Husen S
Advisors: Suparto
Keywords: Kontribusi, Motivasi, Minat dan Kemampuan Membaca Al-Qur'an
Issue Date: 6-Sep- 33
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2016
Abstract: Masalah yang ingin diungkap dalam tesis ini yaitu kontribusi motivasi orang tua dan minat belajar siswa dalam kemampuan membaca al-Qur’an. Dengan latar belakang bahwa salah satu tujuan pokok Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar adalah siswa mampu membaca al-Qur’an. Namun waktu yang tersedia untuk pembelajaran Pendidikan Agama, apalagi untuk pembelajaran al-Qur’an sangat sedikit sekali dan tidak memungkinkan untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk itu harus ada usaha lain agar tujuan itu dapat tercapai, diantaranya melalui motivasi orang tua dan mimat belajar siswa yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap kemampuan membaca al- Qur’an siswa di SDN Petukangan Utara 05 Pagi Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriftif analisis. Dikatakan kualitatif karena peneliti berusaha memberikan gambaran tentang kemampuan siswa SDN Petukangan 05 Pagi dalam hal kemampuan membaca al-Qur’an melalui deskripsi data-data yang telah di analisis berdasarkan hasil penelitian. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun informan yang dijadikan sumber data adalah Kepala sekolah, Guru Pendidikan Agama, orangtua murid dan siswa. Berdasarkan analisa data, peneliti memperoleh temuan sebagai berikut: (1) hampir semua siswa/siswi SDN Petukangan Utara 05 telah mampu membaca IQRO dan sebahagian lagi telah mampu membaca al- Qur’an. (2) hampir semua siswa/siswi telah belajar mengaji /membaca al- Qur’an di TPA, Musholla, Masjid dan bahkan ada juga yang dengan guruguru ngaji dan secara privat. (3) orang tua/ wali murid dan lingkungan masyarakat disini memiliki motivasi dan fanatisme agama yang cukup bagus. (4) ada prakarsa guru Pendidikan Agama untuk menjalin silaturahmi, komunikasi dan bahkan edukasi dengan orang tua/ wali murid dan dengan TPA, dan guru ngaji, tempat dimana para murid belajar mengaji. (5) adanya kesamaan persepsi baik dari fihak sekolah, fihak orang tua/ wali murid, murid dan fihak masyarakat tentang pentingnya pendidikan Agama khususnya tentang pembelajaran membaca al-Qur’an. (6) ada upaya guru dan orang tua untuk memantau kegiatan keagamaan siswa di luar sekolah.
Description: vii, 136 hlm.; 30 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31940
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MUHAMMAD HUSEN S-FITK.pdf14.2 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.