Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31919
Title: Pembelajaran Matematika dengan Strategi ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Authors: Siti Maryam
Advisors: Tita Khalis Maryati
Keywords: Strategi ICARE;Kemampuan Pemecahan Masalah
Issue Date: 18-Jul-2016
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran dengan strategi ICARE, menganalisis kegiatan siswa serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa selama pembelajaran matematika dengan strategi ICARE, dan menganalisis respon siswa selama pembelajaran matematika dengan strategi ICARE. Strategi ICARE yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahapan: Introduction (Pendahuluan), Connection (Hubungan), Application (Penerapan), Reflection (Refleksi), dan Extension (Perluasan). Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang digunakan adalah mengidentifikasi kecukupan unsur untuk menyelesaikan masalah, menentukan cara untuk menyelesaikan masalah, melakukan proses penghitungan sesuai rencana untuk menyelesaikan masalah, dan memeriksa kebenaran hasil yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan di SMP YP 17 Bogor pada tahun ajaran 2015 – 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar observasi aktivitas siswa, jurnal harian, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi ICARE dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siklus II mengalami peningkatan dari hasil tes siswa pada siklus I. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dan respon positif siswa juga mengalami peningkatan pada pembelajaran siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, strategi ICARE dapat menjadi pilihan yang cukup baik dalam mengembangkan pemecahan masalah matematis siswa.
Description: xiii, 100 hlm.; 30 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31919
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SITI MARYAM-FITK.pdf12.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.