Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31918
Title: pengaruh pendekatan saintifik kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa pada konsep interaksi makhluk hidup dengan lingkungan (Kuasi Eksperimen di MTs Negeri Tangerang 2 Pamulang)
Authors: Hana Hamdilah
Advisors: Sujiyo Miranto
Keywords: Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 18-Jul-2016
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan saintifik kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa pada konsep interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Tangerang 2 Pamulang tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 34 siswa untuk kelas eksperimen, 34 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal dan nontes berupa lembar observasi aktivitas siswa aspek afektif dan psikomotor. Analisis data kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh thitung 11,78 dan ttabel pada taraf signifikan (α = 0,05) sebesar 2,00 ( thitung > ttabel ). Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan saintifik kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa pada konsep interaksi makhluk hidup dengan lingkungan.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31918
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
HANA HAMDILAH-FITK.pdf5.91 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.