Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31900
Title: Penggunaan Tes Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa dalam Pembelajaran Konsep Kalor dengan Model Inkuiri Terbimbing
Authors: Nurhasanah
Advisors: Diah Mulhavanti
Keywords: KPS;Pembelajaran konsep kalor
Issue Date: 14-Jul-2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa yang berkembang dalam pembelajaran konsep kalor dengan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Serang Model tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.5 MIA yang berjumlah 32 orang sebagai kelas yang menggunakan instrumen tes keterampilan proses sains pada konsep kalor. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan proses sains dalam bentuk non-tes berupa lembar observasi dan tes berupa subjektif (uraian). Tes keterampilan proses sains yang digunakan dalam penelitian ini meliputi mengajukan pertanyaan, mengamati (observasi), berhipotesis, merencanakan percobaan, menafsirkan (interpretasi), dan berkomunikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek mengamati (observasi) merupakan aspek tertinggi dengan nilai persentase rata-rata sebesar 87.50%, sedangkan aspek merencanakan percobaan merupakan aspek terendah dengan nilai persentase rata-rata sebesar 69,44%. Berdasarkan rata-rata keterampilan proses sains siswa yang terukur berdasarkan lembar observasi sebesar 79,17% sedangkan rata-rata hasil tes uraian KPS siswa sebesar 77,19. Kata kunci: Keterampilan proses sains, konsep kalor, model inkuiri terbimbing.
Description: xiii, 64 hlm.; 30 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31900
Appears in Collections:Laporan Penelitian

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURHASANAH-FITK.pdf5.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.