Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31898
Title: Pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit
Authors: Citra Mutiyah
Advisors: Dedi Irwandi
Keywords: POE;keterampilan proses sains
Issue Date: 14-Jul-2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 89 Jakarta Timur tahun ajaran 2013/2014. Metode penelitian yang diterapkan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel diambil secara purposive sampling dan dibagi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes essay dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) memberikan pengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Kata kunci: Keterampilan proses sains; Larutan elektrolit dan nonelektrolit; Model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31898
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
CITRA MUTIYAH – FITK.pdf8.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.