Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31813
Title: Model sains teknologi dan masyarakat untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis konsep archaebacteria
Authors: Faridatul Amaniyah
Zulfiani
Meiry Fadilah Noor
Keywords: Model Sains Teknologi, Keterampilan Berpikir Kritis, Archaebacteria
Issue Date: 28-Jun-2016
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Abstract: Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa SMA dengan menggunakan Model Sains Teknologi dan Masyarakat pada konsep Archaebacteria. Metode penelitian merupakan kajian pustaka dan dokumentasi. Model Pembelajaran Sains Teknologi dan Masyarakat menggunakan permasalahan nyata yang menggunakan konteks sosial untuk menganalisis isu, memecahkan masalah sebagai dampak dari sains dan teknologi. Pada konsep Bioteknologi yang melibatkan pemanfaatan prinsip dan rekayasa makhluk hidup untuk menghasilkan produk/jasa yang bermanfaat bagi kehidupan manusia meliputi konsep Archaebacteria dan Eubacteria. Model Sains Teknologi Masyarakat meliputi Insiasi, eksplorasi, aplikasi, dan pemantapan konsep. Pengembangan Model STM pada konsep Archaebacteria dan Eubacteria meliputi analisis kesesuaian tahapan model,materi dan indikator keterampilan berpikir kritis yang dapat dikembangkan. Pada tahap inisiasi atau invitasi menuntut siswa berfikir tentang ide-ide, aspek keterampilan berpikir kritis yang dapat dikembangkan yakni membangun penjelasan sederhana. Fase eksplorasi, siswa menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari kegiatan eksperimen/studi pustaka dan mensintesisnya, aspek keterampilan berpikir kritis yang dapat dilatih yakni memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, dan inferensi. Pada fase aplikasi konsep aspek keterampilan berpikir kritis yang dapat dilatih ialah memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, inferensi, membuat penjelasan lebih lanjut dan strategi taktik. Pada pemantapan konsep,guru mengelaborasi hasil kegiatan siswa dan konfirmasi, aspek keterampilan berpikir kritis yang dapat dikembangkan adalah inferensi, membuat penjelasan lebih lanjut dan strategi taktik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31813
ISBN: ISBN 978-602-73551-0-1
Appears in Collections:Prosiding Workshop/Lokakarya/Seminar

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FARIDATUL AMANIYAH-FITK.pdf256.16 kBAdobe PDFView/Open
ZULFIANI-FITK.pdf256.16 kBAdobe PDFView/Open
MEIRY FADILAH NOOR-FITK.pdf256.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.