Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31784
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar Siswa SMA
Authors: Dyah Fatma Wati
Advisors: Hasian Pohan
Devi Solehat
Keywords: Model Pembelajaran;Inkuiri Terbimbing;Video;Hasil Belajar;Hukum Gravitasi Newton
Issue Date: 27-Jun-2016
Publisher: Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2016
Abstract: Dyah Fatma Wati, NIM. 111016300035. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada Konsep Hukum Gravitasi Newton. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen SMAN 19 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan teknik penentuan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2016. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif tipe pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis secara kualitatif, sehingga menghasilkan data berupa persentase yang dikonversi menjadi data kualitatif. Berdasarkan analisis data tes, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video terhadap hasil belajar siswa pada konsep hukum gravitasi Newton. Hasil tersebut didasarkan pada uji hipotesis menggunakan Mann- Whitney terhadap data posttest. Nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,012 sedangkan nilai taraf signifikansi sebesar 0,05 atau nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video lebih unggul dalam meningkatkan jenjang kognitif C1, C3, dan C4 dengan kategori sedang, namun peningkatan tertinggi terdapat pada jenjang C1 (mengingat) dan C4 (menganalisis) sebesar 0,70. Selanjutnya, hasil analisis data nontes menunjukan bahwa secara keseluruhan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video memperoleh respon positif dari siswa yaitu dengan persentase sebesar 77% pada kategori baik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31784
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DYAH FATMA WATI-FITK.pdf51.54 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.