Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31703
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMuhbib Abdul Wahab-
dc.date.accessioned2016-06-20T02:45:58Z-
dc.date.available2016-06-20T02:45:58Z-
dc.date.issued2016-06-20-
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31703-
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Arab di lembaga pendidikan kita masih dihadapkan pada berbagai persoalan linguistik dan non-linguistik. Salah satu persoalan dimaksud adalah kesan umum bahwa belajar bahasa Arab itu sangat sulit dan tidak menarik. Sementara itu, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran bahasa Arab sudah banyak bermunculan, namun semua itu belum sepenuhnya dapat menyelesaikan masalah tersebut secara efektif. Seiring dengan banyaknya model pembelajaran bahasa, tampaknya model pembelajaran kontekstual dan kreatif (CCTL) patut dipertimbangkan sebagai alternatif, karena model ini memberikan kesempatan terbuka kepada tenaga pendidik untuk mengembangkan proses pembelajaran bahasa Arab secara efektif dan menyenangkan, dengan melakukan kontekstualisasi dan responsi terhadap kebutuhan siswa sesuai dengan konteks dan situasi pembelajaran yang riil (nyata). Hanya saja, model ini menuntut tenaga pendidik untuk bekerja keras, berpikir kreatif, dan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran bahasa Arab yang kondusif dan dinamis. Selain itu, model ini juga menghendaki adanya perumusan visi, misi, dan orientasi pembelajaran bahasa Arab yang jelas dari tenaga pendidik sehingga proses pembelajarannya berada pada ―jalur‖ yang benar dan mengarah pada pencapaian tujuan pembelajaran bahasa Arab, baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik dan spiritual. Efektivitas model ini dicirikan oleh kebermaknaan materi bahasa Arab yang diberikan, dinamika situasi dan kondisi, terciptanya lingkungan berbahasa Arab yang hidup, dan produktivitas atau kreativitas peserta didik dalam berbahasa Arab (dapat dilihat dari performa empat keterampilan berbahasa plus keterampilan menerjemahkan).en_US
dc.language.isoaren_US
dc.publisherJakarta: Fakultas Ilmu Trabiyah dan keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2016-
dc.subjectModel CCTL, visi, misi, dan orientasi pembelajaran, kontekstual, kreativitas, dan keterampilan berbahasa Araben_US
dc.titleAplikasi model contextual and creative teaching and learning (cctl) dalam pembelajaran Bahasa Arab (Sebuah Gagasan Awal)en_US
dc.typeArticleen_US
dc.uinjkt.lokasiPusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta-
dc.uinjkt.pemilikUIN Syarif Hidayatullah Jakarta-
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MUHBIB ABDUL WAHAB-FITK.pdf537.62 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.