Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3143
Title: Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kimia mengenai reaksi redoks : studi kasus di ma 12 jakarta
Authors: Eva Hakimah
Advisors: Fadhilah Suralaga
Publisher: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : Fak.Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2005
Series/Report no.: 3499;3499 IPA t
Abstract: Analisis Kcsulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal Kimia Mengenai Reaksi Recloks. Skripsi, Jurusan l'cnclidikan IImu l'engetahllan Alam (IPA), Program StulE Pencliclikan Kimia. Fakultas IImu Tarbiyah clan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hiclayatullah Jakarta. Agustus 20..05 Penelitian ini bertujuan untuk memperolch informasi mengenai letak clan penyebab kesulitan yang c1ialami siswa ivlAN 12 kelas X dalam menyelesaikan soalsoal kimia mengenai reaksi redoks. Metocle yang digunabn adalah c1eskriptif analisis clan induktiC c1engan subiek penelitian sebanyak 40 orang siswa kelas X-d MAN 12 Jakarta. Adapun instrumen yang digunakan aclalah tes berbentuk pilihan gancla. Tes tersebut digunakan untuk mengetahui sejauh mana kesulitan yang dialami siswa. kemuclian data diolah ke c1alam bentuk prosentase kesalahan siswa kemudian dianalisis Ictak kesulitannya. Hasil pcrnyataan ini mcnyatakan. bahwa kcsulitan siswa MAN J2 kelas X-d yang menjacli subjek penelitian terlctak pada: Konscp rcaksi :'edoks c1itinjau dari pengikatan dan pelepasan oksigen. y'ang disebabkan karena kurang pahaml1ya sis\\'a pacla istilah oksiclasi reduksi, Konsep rcaksi rcdoks c1itiniau dari scrah tcrima elektron, yang disebabkan karena kurang pahamnya konsep konligurasi cleklron. Konsep reaksi recloks c1itinjau dari bilangan oksidasi. yang disebabkan karena kurang pahamnya siswa dalam mencntukan oksidator dan rcduktor, hal ini menycbabkan siswa kurang memahami reaksi rcdoks pacla kctiga konscp tersebut. sclain itl! siswa salah dalam mcmberikan pengcnian istilah oksidator dan rcduktor. pcncntuan tatanama dan rumus senyawa, yang disebabkan karcna siswa kurang mengenal unsurunsur yang terclapat c1alam sistcm pcrioclik. Sebagai implikasi dari penelitian ini. c1isarankan bahwa guru hendaknya mengulas kembali materi konligllrasi elektron sebelum melanjutkan pada matcri redoks. menjelaskan pengenian oksida. oksicl:llor clan reduktor scrta banyak mell1berikan latihan-latihan mcngenai rcaksi rcdoks.
Description: xi, 99 p.: 28 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3143
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
There are no files associated with this item.


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.