Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31221
Title: Pengaruh pembelajaran model advance organizer terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep protista
Authors: Nuri Shabania
Yuke Mardiati
Ahmad Sofyan
Keywords: Model pembelajaran;advance organizer;hasil belajar biologi
Issue Date: 19-May-2016
Series/Report no.: Vol. 7, No. 1, 2015;70-76 hal.
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model advance organizer terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep protista. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata posttest kedua kelompok diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,087, sedangkan t-tabel dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (df) = 78 sebesar 1,67, maka dapat dikatakan bahwa t-hitung > t-tabel yang berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model advance organizer terhadap hasil belajar biologi siswa
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31221
ISSN: 19797281
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nuri Shabania dkk.pdfe-Journal698.71 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.