Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31220
Title: Peningkatan literasi sains calon guru kimia pada aspek konteks aplikasi dan proses sains
Authors: Evi Sapinatul Bahriah
Keywords: Literasi sains;aspek konteks aplikasi sains;aspek proses sains;weak experimental;calon guru kimia
Issue Date: 19-May-2016
Series/Report no.: Vol. 7, No. 1, 2015;11-17 hal.
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan literasi sains calon guru kimia pada aspek konteks aplikasi dan proses sains. Metode penelitian yang digunakan adalah metode weak experimental dengan desain the One-Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Semester 2 Tahun Ajar 2013/2014 FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Instrumen penelitian berupa lembar tes literasi sains dalam bentuk soal esai. Data yang diperoleh berupa nilai rata-rata N-Gain (%). Hasil uji coba menunjukkan literasi sains calon guru kimia setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) mengalami peningkatan. Pada aspek konteks aplikasi sains terjadi peningkatan sebesar 42,49% (kategori sedang) dan pada aspek proses sains terjadi peningkatan sebesar 50,29% (kategori sedang).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31220
ISSN: 19797281
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Evi Sapinatul Bahriah.pdfe-Journal644.24 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.