Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31218
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPutri Zakiyatul Zannah-
dc.contributor.authorDiah Mulhayatiah-
dc.contributor.authorFathiah Alatas-
dc.date.accessioned2016-05-19T04:07:25Z-
dc.date.available2016-05-19T04:07:25Z-
dc.date.issued2016-05-19-
dc.identifier.issn19797281-
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31218-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran zooming presentation terhadap hasil belajar siswa kelas X pada konsep suhu dan kalor. Media pembelajaran zooming presentation ini dibuat menggunakan aplikasi Prezi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Tangerang Selatan. Penelitian berlangsung pada bulan Maret-April 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel yang diambil adalah kelas X dengan jumlah siswa 33. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan non-tes berupa angket. Data hasil instrument tes dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data hasil non-tes dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil belajar siswa kelas X pada konsep suhu dan kalor. Hasil uji hipotesis terhadap data posttest menunjukkan nilai thitung = 4,53 dan nilai ttabel = 1,998. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran zooming presentation lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran zooming presentation. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih unggul dalam meningkatkan kemampuan mengingat (C1), memahami (C2), menerapkan (C3), dan menganalisis (C4). Selanjutnya berdasarkan analisis data nontes berdasarkan angket respon siswa terhadap media pembelajaran zooming presentation berada pada kategori baik dengan persentase 76%.en_US
dc.language.isoinen_US
dc.relation.ispartofseriesVol. 6, No. 2, 2014;211-216 hal.-
dc.subjectPrezi desktopen_US
dc.subjectzooming presentationen_US
dc.subjecthasil belajar fisikaen_US
dc.subjectmedia pembelajaranen_US
dc.titlePenggunaan media pembelajaran zooming presentation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x pada konsep suhu dan kaloren_US
dc.typeJournalen_US
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Putri Zakiyatul Zannah dkk.pdfe-Journal763.59 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.