Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31178
Title: Profil Keterampilan Generik Sains Siswa SMA pada Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur (Structured Inquiry) Konsep Difusi dan Osmosis
Authors: Zulfiani
Keywords: Inkuiri Terstruktur, Difusi dan Osmosis, Lembar Observasi
Issue Date: 18-May-2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat profil Keterampilan Generik Sains (KGS) siswa SMA pada Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur konsep Difusi dan Osmosis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi performance assesment, lembar observasi dengan daftar checklist LKS, dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam dua kali pertemuan di kelas tampak profil Keterampilan Generik Sains siswa mengalami peningkatan. Hasil observasi menunjukkan bahwa persentase Keterampilan Generik Sains (KGS) yang diukur menggunakan daftar checklist LKS Inkuiri Terstruktur setiap kelompok praktikum menunjukkan kriteria sangat baik dan memiliki persentase sebesar 99,17% pada pertemuan pertama (difusi) dan 98,33% pada pertemuan kedua (osmosis). Berdasarkan Nilai LKS pada Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan persentase aspek KGS tertinggi ke rendah sebagai berikut: Pengamatan langsung (78%), Hukum sebab akibat (70%), Membangun Konsep (62,5%), Pemodelan (58,5%) dan Inferensi Logika (55%).
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31178
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Zulfiani hesti FITK 2015.pdf257.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.