UIN Repository
 

Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta >
01 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan >
0110 Pendidikan Agama Islam >
Skripsi >

Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/308

Title: Peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca al-qur'an siswa di SMP Islam al-Ikhlas Cipete Jakarta Selatan
Advisor: Rossatria
Authors: Hanifah
Keywords: Peran guru
Publisher: UIN Syrif Hidayatullah Jakarta:Fakultas keguruan Islam,2011
Series/Report no.: 0111-11-10144:7162 PAI t
Abstract: Guru adalah salah satu referensi yang paling dominan bagi media belajar para siswa dibandingkan dengan beberapa sumber belajar lainnya. Dalam skripsi ini peran utama seorang guru dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an adalah sebagai motivator, fasilitator, dan evaluator bagi para siswanya karena itu seorang guru menjadi ujung tombak bagi keberhasilan belajar siswa di sekolah. Tugas dan tanggung jawab seorang guru PAI tidak hanya hadir untuk menyampaikan materi pelajaran didepan kelas, tetapi juga dapat mengetahui apa saja kendala yang dialami siswa sehingga siswa menemui kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, dengan adanya peran guru tersebut diharapkan dapat mengatasi kesulitan-kesulitan siswa. Begitu banyak siswa mengalami kesulitan dalam belajar agama khususnya dalam belajar membaca Al-Qur’an, namun kesulitan ini belum diketahui secara pasti faktor penyebab yang menjadikan siswa mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini membuat penulis untuk melahirkan suatu rumusan masalah yaitu, kesulitan apa saja yang ditemui siswa dalam membaca Al-Qur’an, bagaimana cara mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an tersebut dan bagaimana peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan kelas VIII SMP Islam Al-Ikhlas. Dalam penelitian ini penulis menetapkan sampel sebanyak 15% dari jumlah populasi 272 yaitu 41 orang dengan ketentuan penarikan sampel yaitu random sampling. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif analisis. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data-data yang konkrit dan sesuai dengan kebutuhan dalam pelaksaan penelitian yang dilaksanakan di SMP Islam Al-Ikhlas Cipete Jakarta Selatan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Peran guru PAI dalam pembelajaran Al-Qur’an sangat penting bagi siswa yang menemui kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, karena dengan adanya peran guru seperti memberikan bimbingan, motivasi dan evaluasi dapat merangsang siswa agar dapat membaca Al-Qur’an lebih baik, sedangkan kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an disebabkan oleh faktor intern atau dari dalam diri siswa itu sendiri dan ekstern. Faktor intern meliputi, kurangnya semangat siswa untuk mengulang kembali pelajaran Al-Qur’an di rumah, kurang membaca Al-Qur’an di rumah dengan menggunakan kaidah ilmu tajwid dan jarang mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru al-Qur’an, sedangkan faktor ekstern meliputi, kurangnya motivasi dan perhatian dari kedua orang tua, kurang mendapatkan pendidikan agama sebelumnya baik pendidikan formal maupun non formal.
Description: ix, 88 hal.; 28 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/308
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:

File Description SizeFormat
101690-HANIFAH-FITK.pdf2.34 MBAdobe PDFView/Open

Items in UIN Repository are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.