Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30550
Title: Optimisasi range dan endurance saat fase terbang jelajah : cruise pesawat lsu-05 menggunakan firefly algorithm : studi kasus : pusat teknologi penerbangan lapan
Authors: Nurul Khikmah
Advisors: Yanne Irene
Irna Fauziah
Keywords: Uav;terbang jelajah;waktu tempuh;jarak tempuh;firefly algorithm
Issue Date: 12-Feb-2016
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Series/Report no.: 0116-02-24942;
Abstract: Terbang jelajah (Cruise) merupakan fase penerbangan dimana pesawat berada pada ketinggian dan kecepatan tertentu. Pada fase terbang jelajah terdapat dua hal yang berkaitan yaitu Range (jarak tempuh) dan Endurance (waktu tempuh). Range dan Endurance yang maksimal merupakan jarak dimana pesawat dapat terbang take off dan landing dengan bahan bakar yang terbatas. Keterbatasan bahan bakar saat cruise sangat dipengaruhi oleh kecepatan dan bobot pesawat itu sendiri. LAPAN Survillance UAV (LSU-05) merupakan pesawat tanpa awak yang dirancang peneliti LAPAN agar dapat membantu pekerjaan manusia, misalnya dalam misi kemanusiaan dan misi terbang jauh pada rekor MURI. Oleh karena itu UAV diharapkan mampu menghasilkan range dan endurance yang maksimal saat melakukan misinya. Penelitian ini menggunakan Firefly Algorithm (FA) sebagai metode untuk mencari solusi dari masalah optimisasi jarak tempuh dan waktu tempuh maksimum. Hasil dari penerapan metode FA pada LSU-05 diperoleh range maksimum 300.44 km dengan kecepatan jelajah 110 km/h. LSU-05 juga dapat dioperasikan dengan kecepatan jelajah 60.12 km/s dan diperoleh endurance maksimum 1.3 jam, dengan masingmasing maksimum fuel consumption 16 kg atau bekisar 20.78 liter.
Description: xiv, 47 hal.; 29 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30550
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURUL KHIKMAH - FST.pdfskripsi2.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.