Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30173
Title: Pengaruh pembelajaran model advance organizer terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep protista : Eksperimen di SMAN 9 Kota Tangerang
Authors: Nuri Shabania
Advisors: Ahmad Sofyan
Yuke Mardiati
Keywords: model pembelajaran;advance organizer;hasil belajar biologi
Issue Date: 1-Feb-2016
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Series/Report no.: 0116-01-24760;
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model advance organizer terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep protista. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 9 Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 40 orang untuk kelas eksperimen dan 40 orang untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes pilihan ganda dan angket. Analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata posttest kedua kelompok diperoleh nilai t-hitung sebesar 3,087, sedangkan t-tabel dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (df) = 78 sebesar 1,67, maka dapat dikatakan bahwa t-hitung > t-tabel yang berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model advance organizer terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep protista.
Description: v, 203 hal. ; 29 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30173
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NURI SHABANIA-FITK.pdfskripsi7.84 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.