Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30150
Title: Muyul Thullab Qismi Al-Lughah Al-Arabiyyah Ila Mihnah Al-Tadris Wa Atsaruha Fi Kafa'atihim Al-Tarbawiyyah
Authors: Robiatul Adawiyah
Advisors: Mohammad Matsna HS
N. Lalah Alawiyah
Keywords: Minat Kepada Profesi Guru;Kompetensi Pedagogik
Issue Date: 1-Feb-2016
Series/Report no.: 1111012000046;
Abstract: ABSTRAK Robiatul Adawiyah 1111012000046 “Minat Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Kepada Profesi Guru dan Pengaruhnya Terhadap Kompetensi Pedagogiknya” Minat merupakan faktor psikologi yang mempengaruhi keinginan seseorang dalam mengikuti proses pembelajaran. Minat selalu berkaitan dengan kesuksesan dan prestasi siswa dalam belajar. Oleh karena itu, minat berperan sangat penting dalam menentukan prestasi siswa dalam belajar. Sehubungan dengan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, bahwasanya terdapat mahasiswa yang belajar di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tidak memiliki minat yang kuat kepada profesi guru, meskipun mereka dipersiapkan untuk menjadi seorang guru. Hal ini akan berpengaruh pada seberapa besar kesiapan dan kematangan mahasiswa untuk menjadi seorang guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui seberapa besar minat mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab terhadap profesi guru. 2) Mengetahui seberapa besar kompetensi pedagogik mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dalam merencanakan dan mengelola pembelajaran. 3) Mengetahui seberapa besar korelasi antara minat mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab terhadap profesi guru dan kompetensi pedagogiknya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan korelatif. Dan sampel yang digunakan adalah 30 mahasiswa. Adapun untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Kemudian data diolah dengan menggunakan rumus “Correlation Product Moment”. Dalam Penelitian ini, peneliti telah mendapatkan hasil, bahwasanya: 1) Minat mahasiswa pendidikan bahasa arab terhadap profesi guru mencapai nilai 70,56. 2) Kompetensi pedagogik mahasiswa pendidikan Bahasa Arab dalam merencanakan dan mengelola pembelajaran mencapai nilai 77,13. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara minat mahasiswa terhadap profesi guru dan kompetensi pedagogiknya dengan nilai 0,713. Kata Kunci: Minat Terhadap Profesi Guru, Kompetensi Pedagogik.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30150
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ROBIATUL ADAWIYAH-FITK.pdf10.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.