Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30043
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.advisorMuhammad Arif-
dc.contributor.authorWiti Astuti-
dc.date.accessioned2016-01-27T02:24:56Z-
dc.date.available2016-01-27T02:24:56Z-
dc.date.issued2016-01-27-
dc.identifier.urihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30043-
dc.description.abstractWiti Astuti, Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (Penelitian Tindakan Kelas VIII-2 di SMP PGRI 1 Ciputat). Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN) Syarif Hidayatullah.2015 Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar IPS kelas VIII-2 di SMP PGRI 1 Ciputat, Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar (pos test). Temuan hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar IPS VIII-2 di SMP PGRI 1 Ciputat, ini terlihat dalam rangkaian siklus I dan siklus II. Pada Siklus I nilai rata-rata 71,11, nilai terendah 50 dan nilai tertinggi adalah 80.dari 45 siswa yang mengikuti tes siklus I, Terdapat siswa mencapai nilai KKM 24 siswa dan 21 siswa belum mencapai nilai KKM, dengan presentase ketuntasan 53,3%. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 80,88, nilai terendah 60, nilai tertinggi 95. mengalami peningkatan yang menunjukkan 40 siswa telah mencapai nilai KKM, dan 5 siswa belum mencapai nilai KKM, dengan presentase ketuntasan 88,88%. Kata Kunci : Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajaren_US
dc.language.isoinen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.titlePeningkatan hasil belajar ips siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) (penelitian tindakan kelas dikelas VIII-2 SMP PGRI 1 Ciputat)en_US
dc.typeSkripsien_US
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
WITI ASTUTI-FITK.pdf41.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.