Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30013
Title: Istikhdam Al-Tariqah Al-Istiqraiyyah Fi Ta'lim Al-Tarakib Fi Al-Madrasah Al-Tsanawiyyah Al-Islamiyyah Al-Hukumiyyah 4 Jakarta
Authors: Fadhilah Qurratuain
Advisors: Ahmad Dardiri
Wati Susiawati
Keywords: Penggunaan Metode Induktif;Pembelajaran Tarkib
Issue Date: 26-Jan-2016
Abstract: Judul penelitian ini adalah “Penggunaan Metode induktif dalam Pembelajaran Tarkib di MAN 4 Jakarta”. Melalui penelitian ini peneliti mencoba untuk mengetahui bagaimana penerapan metode induktif dalam pembelajaran tarkib dan bagaimana prestasi siswa dalam pembelajaran tarkib. Penelitian ini penelitian kuantitatif, dan peneliti menggunakan hukum data statistik “Product Moment”. Dan metode yang digunakan peneliti yaitu metode korelatif. Adapun populasi penelitian yaitu siswa-siswi kelas XI dari MAN 4 Jakarta untuk tahun ajaran 2014-2015 dan jumlah mereka 295 siswa, dan sampel pada penelitian ini 31 siswa. Adapun proses pengumpulan data pada penelitian ini yaitu 1) wawancara individu pada guru bahasa arab 2) angket tentang penggunaan metode induktif 3) dan tes individu tentang jumlah fi’liyah pada materi tarkib. Sesungguhnya tingkat efisiensi yang dimiliki guru bahasa arab di sekolah terhadap penggunaan metode pembelajaraan terletak pada tingkat medium atau sedang, mengingat nilai rata-rata penelitian 74,64 dan itu terletak antara 60 – 79 . Sesungguhnya tingkat nilai siswa dalam pembelajaran tarkib terletak pada tingkat pertengahan, dengan melihat nilai rata-rata penelitian 60,25 dan itu terletak antara 60 – 79 . Dan hubungan ini menghasilkan tingkat 0,35 yang terletak antara 0,20 – 0,40 yaitu berarti lemah. Dan itu, tingkat ro lebih besar dari rt pada tingkat kepentingan 5% dan lebih kecil pada tingkat kepentingan 1% . Adapun nilai 5% yaitu 0,355 dan nilai 1% yaitu 0,456 . Ini menunjukkan bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima, dan Hipotesis nol (Ho) ditolak. Dan artinya itu ada kelemahan hubungan antara penggunaan metode induktif dengan pembelajaran tarkib bagi siswa.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30013
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FADHILAH QURRATUAIN-FITK.pdf7.5 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.