Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29941
Title: Hidden curriculum dan pembentukan karakter (studi kasus di madrasah aliyah pembangunan uin Jakarta.
Authors: Adlan Fauzi Lubis
Advisors: Jejen Musfah
Keywords: Hidden Curriculum,;Karakter
Issue Date: 7-Aug-2015
Publisher: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract: Latar belakang penelitian ini adalah keprihatinan akan permasalahan yang menyangkut peserta didik yang terjadi saat ini adalah masih adanya perilaku menyimpang dari peserta didik yang sering diistilahkan dengan kenakalan remaja yang terjadi di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta. Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dan lembaga pendidikan untuk mencegah kenakalan remaja salah satunya dengan pendidikan karakter. Melalui pendidikan karakter sebagai usaha mengubah paradigm peserta didik dalam menanggulangi kenakalan remaja. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan membuktikan lebih dalam peran hidden curriculum dan pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Pembangunan UIN Jakarta. Metodologi dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber data primer penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara langsung dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan peserta didik, serta hasil dari observasi, serta sumber skunder diperoleh dari berbagai studi dokumen, naskah, dan arsip yang berkaitan dengan pelaksanaan hidden curriculum dalam membentuk karakter yang peneliti temukan di Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. Berdasarkan hasil analisa peneliti bahwa aspek dalam hidden curriculum tertuang melalui kegiatan peribadatan (shalat duha, tadarrus Al-qur’an, shalat berjamaah, shalat jum’at), tabungan amal saleh, reading habbit, ekstrakurikuler pada bidang seni, kegiatan ekstrakurikuler pada bidang olahraga, fasilitas sekolah dan kegiatan rutin yang dapat membentuk karakter. Simpulan tesis ini Madrasah Aliyah Pembangunan mendesain program hidden curriculum untuk pembentukan karakter peserta didik. Praktik hidden curriculum di Madrasah Aliyah Pembangunan berhasil membentuk 7 karakter peserta didik yaitu kejujuran, tanggung jawab, toleransi, disiplin diri, religius, mandiri dan peduli sesama.
Description: xiv, 204 hal. ; 30 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29941
Appears in Collections:Tesis

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
ADLAN FAUZI LUBIS -FITK.pdf7.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.