Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29909
Title: pengaruh model pembelajaran webbed terhadap keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDIT Al-Mubarak Jakarta pusat tahun ajaran 2014/2015
Authors: Sri Yulianingsih
Advisors: Dindin Ridwanudin
Keywords: Model Pembelajaran;Webbed
Issue Date: 22-Jan-2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pemeblajaran webbed terhadap keterampilan menulis karangan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDIT Al-Mubarak Jakarta Pusat. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan kelompok kontrol yang juga berjumlah 28 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran webbed, sedangkan kelompok kontrol yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia tanpa model pembelajaran webbed. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes menulis karangan. Berdasarkan hasil uji t pada pre test dan post test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikansi 0,05%, menunjukkan bahwa kedua rata-rata keterampilan menulis karangan diperoleh nilai probabilitas lebih kecil dari taraf signifikansi (0,000<0,05). Dapat disimpulkan bahwa pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan antara sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Artinya, terdapat pengaruh model pemeblajaran webbed terhadap menulis karangan siswa.
Description: xi, 258 hal. ; 30 cm
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29909
Appears in Collections:Artikel

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SRI YULIANINGSIH - FITK.pdf38.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.