Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/299
Title: Hubungan konsep diri dan hasil belajar fisika siswa melalui pembelajaran inkuiri pada konsep tekanan
Authors: Solihin, Muhamad
Advisors: Pohan, Hasian
Keywords: Konsep diri;Hasil belajar;Pembelajaran inkuiri
Issue Date: 5-Oct-2012
Publisher: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan
Series/Report no.: 0111-11-10179;7161 IPA t
Abstract: “Hubungan Konsep Diri dan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Inkuiri pada Konsep Tekanan”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan hasil belajar melalui pembelajaran Inkuiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang dilaksanakan di MTs Islamiyah Ciputat Tangerang dengan melibatkan 33 siswa kelas VIII (1). Data konsep diri dikumpulkan dengan angket (kuesioner), sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes tertulis kognitif dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstribusi kecenderungan konsep diri dengan hasil belajar ditunjukkan oleh hasil koefesien korelasi sebesar 0.2835, atau konsep diri memberikan kontribusi sebesar 8,04% terhadap hasil belajar fisika siswa dan 91.96% ditentukan oleh faktor lain. Analisis regresi yang dihasilkan dengan model regresi Y = 25.43 + 0.65X dan setelah uji taraf signifikansi 5% ternyata model tersebut linier. Berdasarkan data penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran inkuiri korelasinya terletak antara 2,00-3,00 termasuk dalam kategori yang lemah/rendah.
Description: ii, 97 hal.; 22cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/299
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
101660-MUHAMAD SOLIHIN-FITK.pdf3.88 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.