Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29739
Title: Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Behaviorisme Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al Quran Hadis di MTs Al Hidayah
Other Titles: Pembelajaran Behaviorisme
Authors: Aa Saprudin
Advisors: Djunaidatul Munawwaroh
Keywords: Pembelajaran Behaviorisme;Behaviorisme;Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 19-Jan-2016
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode berdasarkan pembelajaran Behaviorisme di MTs Al Hidayah terutama hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadis. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana metode-metode tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif tipe korelasi product moment. Penelitian ini ingin melihat ada atau tidaknya pengaruh dari pelaksanaan metod pembelajaran Behaviorisme yang didukung oleh data yang dihasilkan melalui angket dan post-test serta kegiatan observasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa MTs Al Hidayah Tajur Citeureup Bogor. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran Behaviorisme ternyata dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Quran Hadis dengan materi hukum mim sukun yang ditandai dengan perolehan nilai rata-rata post tes sebesar 71,27 sedangkan dari perhitungan korelasi product moment yaitu terdapat korelasi yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran Behaviorisme dengan hasil belajar siswa dilihat dari diperoleh sebesar 0,720, hasil lebih besar dari baik pada taraf signifikan 5% at
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29739
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
AA SAPRUDIN-FITK.pdf13.75 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.