Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29388
Title: PERAN PERPUSTAKAAN MAN RANGKASBITUNG SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN
Authors: Mona Nabila
Advisors: Amran Banurea
Keywords: peran perpustakaan;peran guru;penunjang pembelajaran
Issue Date: 27-Dec-2015
Publisher: Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang tiga hal, pertama usaha perpustakaan untuk menunjang pembelajaran kedua peran guru dalam membantu siswa menggunakan perpustakaan, dan ketiga penggunaan perpustakaan bagi siswa. Usaha perpustakaan untuk menunjang pembelajaran adalah dengan menciptakaan proses belajar mengajar yang menarik didalam perpustakaan diantaranya dengan memperbanyak koleksi buku edisi terbaru setiap tiga bulan sekali, melengkapin fasilitas perpustakaan berupa audiovisual dan multimedia. Peran guru dalam membantu siswa menggunakan perpustakaan adalah dengan menganjurkan siswa berkunjung ke perpustakaan untuk tujuan mengerjakan tugas dan berdiskusi kelompok maupun mencari informasi yang dibutuhkan siswa. Penggunaan perpustakaan bagi siswa frekuensi siswa hampir setengah siswa (36,7%) berkunjung ke perpustakaan 2 kali dalam 1 minggu dan hamper setengah siswa (41,7%) siswa sering meminjam buku di perpustakaan dan juga hamper setengah siswa (35%) selalu belajar di perpustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode deskritif, sedangkan pendekatan penelian skripsi ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan mei sampai September 2014, populasi dalam penelitian ini adalah siswa MAN Rangkasbitung yaitu jumlahnya 240 siswa. Sampel yang di ambil sebayak 25% dari keseluruhan siswa yang berjumlah 60 orang, teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan metode kuisioner dan wawancaca kepada kepala perpustakaan. Guna mengetahui seberapa besar peran perpustakaan penulis membuat angket pertanyaan berupa nilai rata-rata siswa pada semester akhir dan 50% siswa mendapat nilai yang cukup memuaskan yaitu (7,6-8,5). Tentang kelengkapan koleksi yang ada 50% siswa menjawab koleksi yang ada di Perpustakaan MAN Rangkasbitung tidak lengkap. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa peran perpustakaan sekolah MAN Rangkasbitung sebagai menunjang pembelajarn bagi siswa mempunyai peran yang sangat penting karena dapat kita lihat dari hasil nilai siswa yang selalu menggunjungi perpustakaan nilai mereka sangat memuakan
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29388
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
MONA NABILA-FAH.pdf1.47 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.