Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29362
Title: Pengaruh metode penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa : penelitian quasi eksperimen terhadap siswa Kelas VIII SMPI Ruhama.
Authors: Shelvi Yulia Afsari
Advisors: Tita Khalis Maryati
Eva Musyrifah
Keywords: metode penemuan terbimbing (guided discovery);berpikir kreatif matematis;metode kuasi eksperimen
Issue Date: 4-Dec-2015
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Series/Report no.: 0115-12-24519; 11597 PMT t
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SMPI Ruhama tahun ajaran 2014/2015 pada tanggal 19 Januari – 16 Febuari 2015. Metode penemuan terbimbing adalah sebuah metode dimana guru membimbing dan mendorong siswa untuk berpikir dan mencari pengetahuan terhadap materi yang dipelajari. Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah salah satu kemampuan tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal matematika secara lancar (fluency), luwes (flexibility), dan orisinil (novelty). Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penggunaan metode penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional, 3) untuk membandingkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dalam pembelajarannya menggunakan metode penemuan terbimbing (guided discovery) dengan siswa yang pembelajarannya secara konvensional.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen yang melibatkan 61 siswa sebagai sampel. Desain penelitian adalah two group post test only design. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling terdiri atas kelompok eksperimen (Penemuan Terbimbing) sebanyak 31 siswa dan kelompok kontrol (konvensional) sebanyak 30 siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pokok bahasan Persamaan Linear Dua Variabel dengan menggunakan metode penemuan terbimbing (guided discovery) lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Description: xi, 191 hlm.; 30 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29362
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SHELVI YULIA AFSARI-FITK.pdfSkripsi10.27 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.