Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29231
Title: Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata Sebagai Sumber Belajar Bagi Peserta Didik (Studi Kasus SMP Negeri 2 Depok)
Authors: Amalia, Nurin Hanifati
Keywords: Nurin Hanifati Amalia. Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata Sebagai Sumber Belajar Bagi Peserta Didik (Studi Kasus SMP Negeri 2 Depok)
Issue Date: 30-Sep-2015
Abstract: i ABSTRAK Nurin Hanifati Amalia. Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata Sebagai Sumber Belajar Bagi Peserta Didik (Studi Kasus SMP Negeri 2 Depok) Penelitian ini adalah tentang kegiatan upaya pelestarian lingkungan hidup sebagai sumber belajar bagi peserta didik melalui program Adiwiyata. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan sumber belajar bagi peserta didik melalui program Adiwiyata. Pemanfaatan kegiatan dari program Adiwiyata sebagai sumber belajar dengan penggunaan lingkungan sekolah dalam pembelajaran dimaksudkan untuk menarik perhatian peserta didik dengan materi yang berhubungan dengan lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Depok sebagai sampel wilayah atau tempat penelitian. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik “purposive sampling” yaitu orang yang paling banyak mengetahui tentang upaya pelestarian lingkungan hidup melalui program Adiwiyata sebagai sumber belajar bagi peserta didik yang terdiri dari (1) Kepala sekolah/wakil Kepala Sekolah (2) Koordinator program Adiwiyata 1 orang (3) Guru 4 orang (4) Peserta didik 10 orang (5) Petugas kebersihan 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Adiwiyata yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 2 Depok memberikan dampak positif kepada siswa. Siswa menjadi lebih memperhatikan kebersihan dan lebih mencintai lingkungan. Kegiatan pelestarian lingkungan melalui program Adiwiyata dimanfaatakan oleh guru-guru di SMP Negeri 2 Depok sebagai sumber belajar yang bersifat berwawasan lingkungan dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai tempat praktikum alam. Kata Kunci: Pelestarian Lingkungan Hidup, Program Adiwiyata, Sumber Belajar. ii ABSTRACT Nurin Hanifati Amalia. Department of Social Education and Teaching Faculty Tarbiyah. Environmental Conservation Efforts As a Learning Resource To Educate Through pesert Adiwiyata Program (SMP Case Study 2 Depok) His study is about the activities of environmental protection as a source of learning for students through the program Adiwiyata. The purpose of this study was to examine the use of learning resources for students through a program Adiwiyata. Utilization of program activities Adiwiyata as a source of learning with the use of the learning environment in the schools intended to attract students with materials related to the environment. This study uses descriptive qualitative research with case study method in SMP Negeri 2 Depok. Sampling was done by not random is by using purposive side. Data collection techniques used were structured interviews, participant observation, and documents. The results showed that Adiwiyata program implemented by Junior High School 2 Depok give a positive impact to the students. Students are becoming more and more loving attention to the cleanliness of the environment. Environmental conservation activities through the program Adiwiyata dimanfaatakan by teachers at SMPN 2 Depok as a learning resource that is environmentally sound by utilizing the school environment as a natural lab. Keywords: Environmental Conservation, Adiwiyata Program, Learning Resources.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29231
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI WATERMARK.pdf5.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.