Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29043
Title: Evaluasi program bimbingan ketrampilan menjahit untuk anak putus sekolah di Panti Sosial Bina Remaja Bambu Apus Jakarta Timur
Authors: Pinasti Septhian
Advisors: Asep Usman Ismail
Keywords: evaluasi program;bimbingan keterampilan menjahit
Issue Date: 19-Nov-2015
Publisher: Jakarta : Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, 2014
Series/Report no.: 0115-10-24200; 3694 KJS d
Abstract: Salah satu masalah sosial yang banyak menjadi perbincangan di Indonesia adalah masalah anak putus sekolah. Hal ini dikarenakan banyak anak-anak yang tidak mendapatkan haknya sebagai anak, terutama hak mendapatkan pendidikan formal, faktor ekonomi menjadi faktor utama anak menjadi putus sekolah. Sehingga dibutuhkan sebuah wadah atau lembaga pelatihan keterampilan bagi anak putus sekolah untuk membekali mereka keterampilan kerja agar dapat bekerja maupun menciptakan lapangan kerja di masyarakat. Penulis mengambil judul Evaluasi Program Bimbingan Keterampilan Menjahit Untuk Anak Putus Sekolah, karena penulis ingin mengetahui sejauh mana lembaga masyarakat maupun pemerintah menangani permasalahan anak putus sekolah di Indonesia melalui program pendidikan luar sekolah, agar anak putus sekolah mendapatkan haknya sebagai anak dan dapat hidup lebih mandiri. Menurut Pietrzak, Ramler, dan Gilbert, model evaluasi dibagi menjadi 3 tipe jenis evaluasi yaitu evaluasi Input, Proses, dan Hasil. Dan bimbingan keterampilan adalah suatu proses bantuan yang diberikan kepada individu untuk mengasah suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu sesuai dengan keinginan, pemahaman, pengetahuan dalam bidang keterampilan. Dalam menggali informasi penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Dan dalam prosedur pemilihan informan, penulis menggunakan non probability sampling dimana jenis yang peneliti gunakan yaitu snow ball sampling. dalam penelitian ini penulis mengambil 5 orang, yang terdiri dari 1 orang instruktur keterampilan menjahit, 2 orang staff, dan 2 orang WBS. Pada teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah Evaluasi Input Bimbingan Keterampilan Menjahit (BKM) yang di memaparkan mengenai klien/calon peserta, program pelatihan, sarana dan parasarana, dan staf /instruktur. Evaluasi pelaksanaan BKM yang dilaksanakan dalam waktu 6 bulan, dengan level dasar dan terampil maka teori yang diberikan selama 3 minggu dan praktek yang dilaksanakan selama 16 minggu, teori yang diberikan adalah membuat baju atasan (kebaya, dress, kemeja) dan bawahan (celana pendek, rok), dengan waktu belajar selama 5 jam setiap harinya, pada PKL anak berada pada tingkat mahir, dalam menjalankan PKL anak sudah dapat menerapkan pelajaran yang telah di pelajari saat pelatihan BKM. Evaluasi Hasil BKM yaitu lembaga ini sudah memberikan pelatihan secara maksimal. Instruktur terus menerus membantu anak dalam belajar dari yang belum mengerti hingga anak mengerti dan anak merasa mampu mengerjakan sendiri, serta anak bisa melanjutkan ke proses selanjutnya yaitu praktek kerja lapangan, yang menjadi suatu gambaran bagi anak dalam dunia kerja. Dan anak termotivasi untuk membuka usaha sendiri setelah mereka lulus dari PSBR.
Description: xi, 99 hlm.; 30 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29043
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
PINASTI SEPTHIAN-FDIKOM.pdfSkripsi1.33 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.