Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29028
Title: Efektifitas penerapan kurikulum 2013 di SDN Cilangkap 2 Tapos Depok
Authors: Hikmah Hayati
Advisors: Abdul Ghofur
Keywords: kurikulum 2013;efektifitas;penerapan kurikulum
Issue Date: 18-Nov-2015
Publisher: Jakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Abstract: Dalam penelitian ini penulis memilih judul Penerapan Kurikulum 2013 di SDN Cilangkap 2 Tapos, Depok (Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV) dikarenakan kurikulum memainkan peranan yang penting untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang diharapkan oleh UU No. 20 Tahun 2003. Mengingat begitu pentingnya peranan kurikulum dalam pendidikan, maka pemerintah mengeluarkan kurikulum terbaru yakni kurikulum 2013. Secara konseptual dapat dikatakan bahwa kurikulum 2013 adalah salah satu solusi ideal dalam membentuk manusia – manusia usia produktif di Indonesia agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, dalam kenyataannya penerapan kurikulum 2013 ini menghadapi berbagai masalah dan tantangan. Sehingga yang terjadi belum sesuai dengan harapan. Maka berdasarkan ketidaksesuaian teori dengan kenyataan di lapangan mengenai penerapan kurikulum 2013 ini, peneliti tertarik untuk menjadikan permasalahan pada penerapan kurikulum 2013 ini sebagai obyek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013 SDN Cilangkap 2 pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu juga untuk mengungkap peran guru Pendidikan Agama Islam kelas IV dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN Cilangkap 2. Dan yang terakhir untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Cilangkap 2. Yang menjadi instrumen utama dalam penelitian ini adalah penulis sendiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan dengan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif melalui penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan digunakan untuk mengkaji buku-buku yang berkaitan dengan judul dalam rangka menyusun landasan teori. Sedangkan penelitian lapangan dilakukan dengan terjun langsung pada objek penelitian untuk memperoleh data-data dan fakta. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas IV SDN Cilangkap 2 dari segi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sudah cukup baik. Namun masih kurang maksimal dari segi penerapan penilaian autentik. Ibu Saolih selaku guru mata pelajaran PAI memiliki peranan yang sangat penting dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN Cilangkap 2 ini. Meskipun dalam menerapkan kurikulum 2013 ini beliau menghadapi beberapa faktor penghambat namun beliau memanfaatkan dengan baik faktor pendukung yang disediakan oleh sekolah untuk menerapkan kurikulum 2013 ini dengan maksimal. Hikmah Hayati (PAI)
Description: xv, 149 hlm.; 30 cm.
URI: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29028
Appears in Collections:Skripsi

Files in This Item:
File SizeFormat 
HIKMAH HAYATI-FITK.pdf1.18 MBAdobe PDFView/Open


Items in UINJKT-IR are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.